Kompetisi Nasional Media Pembelajaran


Pengembangan Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran
Pertemuan 6:  Senin, 16 April 2018
Dosen Pengampu Bapak Agung Kuswantoro, S.Pd., M.Pd.


Media pembelajaran merupakan sarana pendukung yang digunakan oleh pendidik dalam membantu menyampaikan materi pelajaran selama proses belajar mengajar. Dengan adanya media pembelajaran, bukan hanya pendidik yang terbantu dalam proses belajar di kelas, akan tetapi penggunaan media yang tepat juga akan membantu peserta didik untuk lebih mudah dalam menerima dan memahami materi pelajaran.

Melihat pentingnya media pembelajaran, banyak tokoh pendidikan yang mulai mengembangkan media pembelajaran. Bahkan dengan kemajuan teknologi, media pembelajaran yang awalnya hanya berupa buku, steroform, atau media pembelajaran konvensional dan sederhana. Hari demi hari mulai banyak ditemui media pembelajaran yang lebih modern dengan mengikuti perkembangan teknologi mulai dari media pembelajaran yang berbasis IT hingga media pembelajaran berbasis android.
Mengikuti perkembangan media pembelajaran tersebut, Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang sebagai salah satu jurusan di Unnes yang nantinya akan mencetak calon-calon pendidik. Untuk menggali kreativitas mahasiswa dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran, Jurusan Pendidikan Ekonomi Unnes mengadakan kompetisi nasional media pembelajaran yakni “National Learning Media Competition 2018 (NLMC)” dengan tema “Kontekstualisasi Literasi Ekonomi di Era Milenial Berbasis Media Pembelajaran Edukatif dan Inspiratif”.

Kompetisi media pembelajaran ini dikhususkan untuk pengembangan media pembelajaran kompetensi dasar mata pelajaran ekonomi/akuntansi/administrasi perkantoran/tata niaga pada jenjang pendidikan SMA/SMK.

Kemudian, untuk melatih keterampilan mahasiswa dan mengembangkan media pembelajaran administrasi perkantoran yang selama ini masih sangat jarang ditemuim, kompetisi ini menjadi tempat yang pas untuk menggali kreativitas mahasiswa, khususnya mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran untuk dapat menyalurkan ide-ide kreatif dan inofatifnya dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran AP.

Bapak Agung Kuswantoro selaku Dosen Mata Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran (AP) melihat kegiatan ini sebagai salah satu peluang yang dapat diambil oleh mahasiswa untuk menunjukan eksistensi Administrasi Perkantoran dalam pengembangan media pembelajaran. Oleh karenanya, berdasarkan instruki Ketua Jurusan, Bapak Agung memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang mengikuti Mata Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran AP untuk mengikuti kompetisi tersebut sebagai pengganti Ujian Tengah Semester (UTS) mata kuliah tersebut. Bapak Agung menyarankan kepada mahasiswa untuk mengikuti komoetisi tersebut dengan menggunakan tema yang terbaik yang dari tugas pembuatan mind mapping.

Berdasarkan kesepakatan kelas, mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran rombel A akhirnya memutuskan untuk ikut serta dalam kompetisi tersebut dengan mewakilkan dua kelompok yang mengusung tema tata ruang kantor dan stenografi.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hikayat si Miskin

Presentasi Mind Mapping

KULTUM BAHASA JAWA