Media Pembelajaran Audio Visual untuk Pembelajran Kognitif dan Psikomotor

Pengembangan Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran (AP)
Dosen Pengampu Agung Kuswantoro, S.Pd., M.Pd.
Pertemuan ke 3 Senin, 26 Maret 2018




Telah dijelaskan pada postingan sebelum ini bahwa media pembelajaran merupakan alat atau sarana yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran agar memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami materi pelajaran tersebut. Postingan sebelum ini  juga menjelaskan bahwa setiap materi pelajaran memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Begitu pula dengan media pembelajaran yang diterapkan akan berbeda menyesuaikan sengan karakteristik materi pelajaran yang hendak disampaikan.


Salah satu jenis media pembelajaran yang sering digunakan oleh pendidik yaitu berbentuk audio visual (video).  Konten yang ditanyangkan dalam video pembelajaran dapat berisi mengenai pembelajaran yang bersifat kognitif maupun psikomotorik. Media pembelajaran yang bersifat kognitif merupakan media pembelajaran yang lebih menekankan pada aspek pengetahuan dan pemahaman pada siswa. Sedangkan media pembelajaran yang bersifat psikomotorik merupakan media pembelajaran yang lebih menekankan adanya rangsangan terhadap daya imajinasi dan memberikan stimulus kepada siswa dalam menangkap materi pembelajaaran. 


Untuk menentukan jenis media pembelajaran yang akan dipakai, apakah akan menggunakan media pembelajaran yang bersifat kognitif, ataukah akan menggunakan media pembelajaran yang bersifat psikomotorik, hendaknya pendidik melakukan identifikasi terhadap konten dari materi yang akan disampaikan kepada peserta didik agar pendidik dapat mengetahui karakteristik dari materi pelajaran tersebut. Setelah pendidik mengetahui karakteristik dari materi yang akan disampaikannya, baru kemudian pendidik dapat menentukan dan membuat atau menggunakan media pembelajaran yang telah tersedia, yang sesuai dengan karakteristik dari materi pelajaran.

Pada pertemuan ketiga ini, diperlilhatkan beberapa video pembelajaran Administrasi Perkantoran. Salah satu dari beberapa video yang ditunjukan tersebut menggambarkan jenis media audio visual bersifat kognitif. Video itu menunjukan beberapa karyawan yang bekerja di bidang yang berbeda dan diwawancarai dengan pertanyaan yang sama yaitu mengenai arti administrasi. Inti dari video tersebut yaitu untuk memberikan pengetahuan mengenai pengertian atau arti administrasi yang berlaku di kehidupan masyarakat dan dunia kerja.

Kemudian, ditunjukan juga video pembelajaran mengenai kearsipan yang bersifat psikomotorik karena dapat merangsang siswa untuk lebih tertarik dengan konteks video, dimana ada seseorang yang menjelaskan mengenai tata cara penyimpanan arsip menggunakan system klasifikasi atau pokok soal. Dalam video tersebut terlihat filling cabinet yang berisi map tempat menyimpan arsip dengan warna-warna yang berbeda. Map dalam filling cabinet dengan warna yang menarik ini tentuu saja akan terlihat menarik dan tidak membosankan jika dibandingkan dengan map atau folder yang hanya memiliki satu warna. Dengan ditunjukannya video mengenai tata cara penyimpanan arsip dengan menggunakan map yang memiliki keragaman warna, tentu saja akan membuat peserta didik akan lebih tertarik dan lebih mudah dalam menerima materi pelajaran .

Selain menampilkan dua video tersebut, ditampilkan pula beberapa video yang menggambarkan berlangsungnya praktik perkantoran. Tentu saja dengan konten yang berbeda antara satu video dengan video yang lainnya. Salah satu video praktik perkantoran yang ditayangkan yaitu video praktik perkantoran yang digunakan untuk kompetisi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang tahun 2017.
 


Rahayuningsih/7101415200

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hikayat si Miskin

Presentasi Mind Mapping

KULTUM BAHASA JAWA